Registrasi Master Dealer Chip Sakti

Google Plus ; Pengguna Meningkat, Google+ Tambah Fitur Baru

Media sosial kepunyaan Google, Google Plus, menambah langkah maju mereka untuk terus bisa bersaing dengan Facebook. Laporan terdahulu menyebutkan bahwa, Google Plus kini berada di posisi kedua dalam hal banyaknya pengguna yang aktif.

Dengan demikian, Google Plus yang dikatakan "Ghost Town" oleh beberapa orang sebelumnya, telah mengalahkan media sosial yang lebih dahulu seperti Twitter. Untuk terus meningkatkan kenyamanan penggunanya, Google meluncurkan fitur baru Sign In. Fitur ini mirip dengan fitut Facebook Connect, di mana jika anda sudah punya akun Google Plus anda bisa menautkan akun tersebut untuk Sign In di halaman yang anda kunjungi. Jadi anda tidak perlu repot untuk melakukan Sign Up.


Tentu saja fitur Sign In ini bisa memicu Frictionless Sharing yang terjadi di Facebook. Jika anda menggunakan fitur Facebook Connect, News Feed anda secara langsung akan dipenuhi oleh update dari halaman atau aplikasi yang anda masuki dengan akun Facebook. Hal ini tentu sangat merugikan karena anda belum tentu suka semua yang diberikan oleh halaman atau aplikasi tersebut. Fitur ini kemudian mendapat kritik keras dari pemerhati privasi dan Facebook terpaksa untuk menundanya atau bahkan mungkin sudah mematikannya.

Google Plus juga tidak ingin terjebak dalam masalah yang sama. Dalam blog yang menandai diluncurkannnya fitur Sign In, Google mengatakan empat alasan mengapa mereka meluncurkan fitur yang mirip dengan Facebook Connect tersebut, yaitu.

1. Simplicity
Dengan menggunakan fitur Sign In anda tidak perlu repot untuk sign up terhadap halaman atau aplikasi tertentu. Ini memberikan kemudahan. Namun jangan khawatir, meskipun simple Google tidak melupakan unsur keamanan. Ketika anda menggunakan profil Google/Google Plus untuk aplikasi tertentu akan ada permission screen yang meminta persetujuan anda dan tidak lupa adanya perlindungan dari two step verification.

2. Simultan Desktop dan Mobile
Bila anda mengunjungi aplikasi atau halaman tertentu dan Sign In dengan profil Google Plus anda, aplikasi tersebut akan bisa anda download dengan hanya satu klik. Misalnya anda mengunjungi halaman fancy.com, lalu Sign In dengan profil Google Plus anda, anda bisa langsung install aplikasi Fancy di smartphone dan tablet Android anda. Nantinya aplikasi akan langsung terdownload ke smartphone atau tablet anda setelah anda mengaktifkannya, tanpa harus ke Google Play lagi.

3. Sharing terbatas, bukan tanpa batas
Meskipun anda menggunakan profil Google Plus anda untuk halaman atau aplikasi tertentu, anda bisa memutuskan dengan siapa saja halaman atau aplikasi tersebut anda bagi. Dengan adanya Circles di Google Plus anda akan berbagi dengan orang-orang yang tepat di jalur pertemanan anda. Ini dengan sendirinya akan menghindari spam dengan menghindarkan anda dari rasa benci follower anda yang terus-terusan memperoleh update yang tidak diinginkannya.

4. Stream Interaktif
Bila anda berbagi sesuatu dengan Circles anda melalui aplikasi yang anda Sign In  dengan profil Google Plus, hal tersebut akan terlihat di stream dan tentu saja teman anda akan melihatnya. Namun jangan khawatir, jika anda berbagi hal tersebut akan terlihat interactive post. Jika mereka tidak melakukan klik terhadap apa yang anda bagi, mereka tidak akan masuk ke aplikasi atau halaman tersebut. Jadi tidak otomatis Sign In

Dengan demikian, meskipun fitur ini sangat mirip dengan Facebook Connect, Google tidak menerapkannya secara serampangan. Privasi pengguna sangat diutamakan, demikian juga kemanannya. Meskipun anda Sign In untuk aplikasi tertentu dan membaginya di stream, belum tentu teman anda yang anda bagi akan ikut aplikasi tersebut secara oromatis. Semuanya memiliki pertimbangan privasi sehingga lebih aman dan tidak menimbulkan spam.

Hal ini sebuah kemajuan karena pengguna memiliki kekuatan opt out yang jelas dari berbagai aplikasi atau halaman yang dibagi oleh teman-teman mereka. Hal ini tentu sangat berbeda dengan Facebook Connect. Untuk langkah pertama, Google telah bekerja sama dengan berbagai halaman dan aplikasi seperti Fancy, Guardian, Fitbit, Flixster, Shazam dan beberapa lainnya. Tentunya diharapkan oleh Google, seiring berjalannya waktu akan makin banyak halaman dan aplikasi yang menyertakan fitur Sign In ini di halaman dan aplikasi mereka.
Back To Top