Registrasi Master Dealer Chip Sakti

BLACKBERRY: Pasar Indonesia & India Butuh Ponsel Berharga Murah


Compact_blackberry9981

JAKARTA—Research in Motion Ltd disarankan menyediakan perangkat BlackBerry berharga murah bagi pengguna di India dan Indonesia.

Pasalnya, dua negara tersebut masih menjadi konsumen terbesar RIM yang baru saja berganti nama menjadi BlackBerry.

"Pasar terbesar memang bukan hanya India dan Indonesia, namun dalam kasus pertumbuhan ponsel cerdas, kedua negara itulah yang paling potensial,” ujar Manajer Technology Research Group IDC seperti dilansir Reuters, Minggu waktu setempat (3/2/2013).

Meski begitu, Melissa mengatakan perangkat baru BlackBerry 10 justru tidak terlalu tepat untuk pengguna di dua negara tersebut. Di India, BlackBerry Z10 akan dibanderol US$750. Data IDC menunjukkan, Indonesia adalah pasar terbesar BlackBerry di luar Amerika Serikat dan Britania.

Menurut ABI Research, perangkat BlackBerry menguasai hampir separuh pengiriman ponsel cerdas di Indonesia. Padahal secara global, pangsa pasar BlackBerry hanya mencapai 5,3%. Adapun di India, BlackBerry berada di peringkat ketiga di bawah Samsung dan Nokia.

Di India dan Indonesia, aplikasi BlackBerry Messenger sangat populer meski kebanyakan menggunakan layanan low cost. XL Axiata Tbk bahkan mengalami lonjakan pengguna layanan BlackBerry hingga 45% lantaran menyediakan paket murah BlackBerry.

Meski begitu, kepopuleran aplikasi BlackBerry Messenger mulai terancam dengan kemunculan aplikasi chatting lain seperti WhatsApp. Ponsel cerdas berbasis Android juga mengancam dominasi BlackBerry di Indonesia. Jumlah perangkat pengguna sistem operasi ini bahkan telah melampaui BlackBerry.
Source : Bisnis.com
Back To Top