Registrasi Master Dealer Chip Sakti

Tahun ini, proyek interkoneksi listrik Jawa-Sumatera dimulai

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT PLN (Persero) menargetkan pembangunan konstruksi proyek interkoneksi transmisi listrik Jawa-Sumatera dimulai akhir triwulan tiga tahun 2013. Adapun proyek ini akan selesai tahun 2017.

"Semester 1 ini, kami segera melakukan lelang tender proyek interkoneksi transmisi kelistrikan Jawa-Sumatera," ungkap Nasri Sebayang, Direktur Konstruksi PT PLN di kantor PLN Pusat, Jakarta, Selasa (12/2/2013).

Nasri menambahkan, pembangunan interkoneksi melalui sistem transmisi kelistrikan yang disebut teknologi Tegangan Tinggi Arus Searah (High Voltage Direct Current/HVDC), saat ini telah selesai melakukan klasifikasi untuk penentuan perusahaan yang akan mengoperatori mega proyek tersebut.
"Diperkirakan Februari 2017 interkoneksi ini sudah mulai beroperasi," katanya.

Sebagai informasi, proyek interkoneksi Sumatera-Jawa ini terdiri dari stasiun pengubah listrik AC menjadi DC (stasiun konverter) di Muara Enim dan listrik DC akan diubah kembali menjadi listrik AC (stasiun inverter) di Bogor.

Rute yang akan dilewati proyek pembangunan interkoneksi Sumatera – Jawa adalah di wilayah Sumatera : Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten OKU Timur, Kabupaten Ogan Komering Ilir di Provinsi Sumatera Selatan. Di Provinsi Lampung meliputi Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur dan Kabupaten Lampung Selatan. Sedangkan untuk Jawa akan melewati Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak di Provinsi Banten serta Kabupaten Bogor di Provinsi Jawa Barat.
Tag : Berita PLN
Back To Top