Registrasi Master Dealer Chip Sakti

Siapkan Rp 64 triliun, PLN fokus bangun pembangkit tahun ini


Siapkan Rp 64 triliun, PLN fokus bangun pembangkit tahun ini

PT PLN (persero) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 64,9 triliun untuk investasi sepanjang tahun ini. Sebagian besar diarahkan untuk membiayai pembangunan pembangkit listrik.
Direktur Utama PLN Nur Pamudji menyatakan pembangkit menjadi fokus utama karena ada beberapa proyek berbiaya lebih dari USD 100 juta yang dilaksanakan bersamaan pada tahun ini.
"Kalau persentasenya dari total investasi, mungkin 60 persen untuk pembangkit," ujarnya di Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (1/2).
Dari catatannya, proyek besar yang menjadi unggulan PLN tahun ini adalah lelang pembangkit di Aceh bertenaga 2X200 mega watt (MW), yang menelan anggaran USD 200 juta. Selain itu, pembangunan PLTA di Sumedang berkapasitas 2X55 MW, dengan perkiraan anggaran USD 100 juta.
"Kita upayakan selesai 2014, karena semuanya proyek tahun jamak," ungkap Nur.
Rencana investasi sebesar Rp 64,9 triliun itu meningkat 28,26 persen dari estimasi realisasi investasi tahun lalu. Pada 2012, perusahaan pelat merah itu membelanjakan Rp 50,6 triliun.
"Dana investasi di antaranya dari pemerintah Rp 10,1 triliun, anggaran PLN Rp 39 triliun, dan sisanya dari pinjaman," kata Bos PLN itu.
Selain pembangkit, PLN tahun ini juga berusaha meningkatkan teknologi transmisi di luar Jawa.

Merdeka.com
Tag : Berita Media
Back To Top