Registrasi Master Dealer Chip Sakti

Pelanggan 1.300 VA ke atas mulai bayar listrik lebih mahal


Pelanggan 1.300 VA ke atas mulai bayar listrik lebih mahal

Sesuai keputusan pemerintah tahun lalu, hari ini, Jumat (1/2) adalah hari pertama kenaikan tarif listrik dialami pelanggan.
Direktur Utama PLN Nur Pamudji menyatakan meski keputusan DPR pada September tahun lalu menyetujui kenaikan tarif per 1 Januari, namun pelanggan baru dikenakan tagihan baru mulai awal bulan ini.
"Iya, tagihan baru hari ini. Mulai 1 Januari aturannya, tapi kan ditagihnya 1 Februari," ujarnya di Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (1/2).
Per 1 Januari 2013 lalu, pemerintah menetapkan menaikkan tarif tenaga listrik (TTL) untuk pelanggan golongan 1.300 VA ke atas. Berapa besarannya?
Sesuai beleid yang dikeluarkan Kementerian ESDM, tarif listrik akan naik per triwulan, baik untuk golongan rumah tangga dan golongan industri. Masyarakat yang masih membayar harga listrik lama adalah pelanggan dari kalangan menengah ke bawah, yaitu pengguna 450 VA dan 900 VA.
Besaran kenaikan listrik bervariasi, seperti pelanggan 1.300 VA, naik dari tarif awal Rp790/Kwh menjadi Rp833/Kwh pada triwulan pertama, Rp879/Kwh pada triwulan kedua, dan Rp928/Kwh per triwulan ketiga dan Rp979/Kwh.
Khusus pelanggan 6.600 VA ke atas alias industri, pemerintah memastikan mereka tidak lagi mendapat subsidi listrik pada akhir tahun ini.

merdeka.com
Tag : Berita Media
Back To Top