Registrasi Master Dealer Chip Sakti

Melihat Menembus Dinding dengan Wi-Fi

Melihat menembus dinding? Agaknya mustahil,  dan hanya ada di film fiksi ilmiah atau kisah paranormal. Namun berkat kemajuan teknologi, kini makin bisa direalisasikan. Ilmuwan Inggris merancang sebuah peranti berukuran koper yang dapat mendeteksi aktivitas manusia di balik dinding setebal satu kaki. Teknologi berbasis frekuensi sinyal Wi-Fi ini mampu memantulkan sinyal tiap kali manusia bergerak.

Sistem radar pasif ini bekerja kira-kira sama dengan radar biasa. Sistem ini mampu mendeteksi kecepatan, lokasi, dan arah gerakan manusia secara akurat. Tapi jika manusia itu tidak bergerak, maka tidak terlihat, sebab sistem ini hanya dapat mengukur kekuaran Wi-Fi dan perubahan frekuensi.

Dalam keadaan damai, alat ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sipil untuk memonitor anak dan perlindungan rumah. Sedangkan pihak militer dapat menggunakannya sebagai senjata perlindungan.
Saat pengembangannya, para ilmuwan menghadapi konflik ketika menguji alat tersebut. Mereka harus menginvestigasi lebih dulu kemampuan alat dalam mendeteksi gerakan manusia di balik dinding menggunakan radar Wi-Fi bistatis pasif berdasar kejauhan tertentu.

Riset ini dipublikasikan pertamakali pada jurnal iGeoscience and Remote Sensing, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Dikatakan bahwa ilmuwan menggunakan alat penerima multistatis pasif skala 2,5GHz untuk mengukur pergesran Doppler.  Semakin dekat seseorang dengan sumber Wi-Fi maka semakin kuat sinyal yang dihasilkan. Dan semakin jauh mereka, semakin lemah sinyal. Untuk kasus seperti penyanderaan dan penculikan, teknologi ini akan sangat membantu.
Tag : internet
Back To Top