Registrasi Master Dealer Chip Sakti

Ini dia, 7 Sistem Biometrik Canggih



Biometrik dianggap sebagai salah satu solusi jitu di bidang privasi dan keamanan. Sistem identifikasi dengan keunikan tubuh manusia ini sudah mulai dikembangkan di banyak bidang.
Ada 7 biometrik yang kini tengah dikembangkan dan sebagian sudah mulai dipakai. Kelak akan bertambah lagi. Apa saja itu?

1.Pola urat tangan
Setelah diserang scam besar-besaran pada 2005, pemerintah Jepang membutuhkan sistem keamanan yang lebih dari sekadar garis magnetik pada kartu ATM. Kebutuhan itu dijawab dengan kehadiran teknologi pendeteksi pola urat tangan manusia. Biometrik ini sudah digunakan pada 20.000 ATM di seantero Jepang.

2. Gestur tangan
Gerakan dan tekanan tangan setiap manusia ketika menyentuh layar dianggap cukup unik. Gestur ini bisa menjadi password yang sulit ditiru, dan sangat mudah digunakan. Biometrik ini tengah dalam tahap penyempurnaan.

3. Detak jantung
Bionym, sebuah perusahaan start up, sedang mengembangkan sistem biometrik yang mampu mengidentifikasi detak jantung manusia melalui sidik jari. Kini mereka tengah berusaha menjual teknologi tersebut.

4. Perilaku berkomputer
Menurut Departemen Pertahanan Amerika Serikat, kebiasaan manusia berperilaku di komputer dapat diidentifikasi. Misalnya cara mereka mengetik atau melakukan search pada Google. Perilaku ini dapat dipakai menjadi salah satu sistem biometrik.

5. Gerak bola mata
Ini adalah biometrik yang masih berada di tahap awal. Menurut Oleg Komogortsev, seorang ilmuwan komputer, gerak bola mata setiap manusia itu sangat unik. Kelak jika sudah mencapai tahap sempurna, maka manusia dapat mengoperasikan komputer cukup dengan menggerakkan bola matanya.

6. Tanda pada tubuh
Kepolisian di negara maju sudah memiliki sistem database foto diri beserta tanda pada tubuh manusia, seperti tahi lalat, bekas luka, atau tato. Namun dengan teknologi yang lebih canggih maka semua data tersebut dapat dijadikan biometrik.

7. Cara berjalan
Cara berjalan setiap manusia itu unik, dan dapat dideteksi dengan menggunakan kabel fiber optik yang berada di balik karpet. Dengan teknik biometrik ini maka pintu tidak akan terbuka jika tidak mengenali pola yang sama. Sistem ini dianggap cukup ampuh untuk keamanan. [Internet Sehat]

Sumber artikel: Technewsdaily / Sumber gambar: Technewsdaily
Tag : internet
Back To Top