Registrasi Master Dealer Chip Sakti

Ilmuwan Ciptakan Software Pendeteksi Emosi



Hobi bercakap-cakap melalui ponsel?  Tapi Anda tetap sulit menebak bagaimana perasaan lawan bicara Anda, bukan? Ilmuwan kini telah menciptakan software yang mampu mendeteksi emosi manusia melalui suaranya.

“Pada dasarnya, kami berusaha memanfaatkan fitur suara, dan hal-hal seperti tekanan dan energi di dalamnya, untuk mendeteksi emosi dari orang yang mengatakan sesuatu,” jelas Wendi Heinzelman, pimpinan pencipta software tersebut yang juga ilmuwan komputer dan rekayasa elektrik di University of Rochester, New York.

Software ini tidak membutuhkan informasi mengenai siapa yang mengatakan sesuatu itu, melainkan hanya menganalisa intonasi suara. Alat ini secara akurat mengukur emosi meliputi kesedihan, kebagahiaan, ketakutan, dan rasa jijik. Sejauh ini akurasinya mencapai 81%.

Heinzelman masih harus melakukan sejumlah riset dasar lagi untuk menyempurnakan software ini. Temuannya bisa bermanfaat sebagai aplikasi yang dapat memahami bagaimana respon penerima telepon atas suatu pembicaraab. Temuan ini juga dapat membantu pengembangan robot yang memahami emosi manusia.
Saat ini Heinzelman fokus membuat software bagi rekannya, Melissa Sturge-Apple,  seorang psikolog yang merekam obrolan berjam-jam antara orang tua dengan anak remajanya. Ia dan Heinzelman tengah berusaha menganalisa emosi dari suara mereka.

Heinzelman ingin menciptakan software yang berjalan dari komputer dan secara otomatik menghasilkan analisa emosi bagi studi psikologis.  Jika ini berhasil maka ia akan mengembangkan software menjadi sebuah aplikasi yang berjalan di smartphone. Dengan begitu para pengguna ponsel akan bisa lebih memahami emosi lawan bicaranya. [Internet Sehat]
Sumber artikel: Technewsdaily / Sumber gambar: Technewsdaily
Tag : internet
Back To Top