Registrasi Master Dealer Chip Sakti

Google Nexus One Tembus Angkasa Luar


Compact_google_nexus_7_tablet_a_l

JAKARTA—Google Nexus One menjadi smartphone pertama yang mencapai angkasa luar. Perangkat itu disertakan dalam satelit STRaND-1yang diluncurkan dari India pada, Senin (25/2/2013) waktu setempat.
 
Selain membawa Google Nexus, satelit yang dikembangkan Surrey Space Centre (SSC) Universitas Surrey Inggris dan Surrey Satellite Technology Ltd itu juga membawa prosesor berkecepatan tinggi berbasis Linux dan perangkat orbit control system. STRaND-1 juga dilengkapi dua sistem penggerak.
 
Seperti dilansir website SSC, satelit seberat 4,3 kg itu merupakan misi demonstrasi 3U CubeSat. Didesain khusus untuk uji coba produk teknologi komersial di luar angkasa. Satelit tersebut juga merupakan CubeSat pertama Inggris yang mengangkasa. STRaND-1 diluncurkan dengan roket PSLV ISRO.
 
“ STRaND-1 adalah contoh nyata dari sinergi riset akademik dengan pengembangan komersial. Misi ini adalah pencapaian fantastis. Satelit nano pertama di Inggris SNAP-1 yang diluncurkan pada tahun 2000 juga dibuat oleh SSC dan SSTL,” ujar Direktur SSC Sir Martin Sweeting.
 
Pada fase pertama misi tersebut, STRaND-1 akan dikendalikan sistem kontrol dan komputer CubeSat. Pada fase kedua beberapa operasi orbit STRaND-1 akan dialihkan ke Google Nexus One yang berbasis Android. Hal itu untuk mengetahui kemampuan smartphone di angkasa luar. Perangkat itu juga dilengkapi sejumlah aplikasi eksperimental.
 
Aplikasi yang ada di STRaND-1 merupakan karya pemenang kompetisi di Facebook tahun lalu. Aplikasi iTesa akan merekam kekuatan medan magnet di sekitar smartphone selama mengorbit. 
 
Adapun aplikasi STRAND Data akan menunjukkan telemetri satelit melalui layar smartphone. Sedangkan aplikasi 360 akan menunjukkan posisi satelit melalui berbagai citra yang diambil melalui kamera. 
 
Aplikasi lain yang digunakan dalam satelit tersebut adalah Scream in Space buatan Cambridge University Space Flight. Aplikasi itu akan menguji teori yang menyebutkan tak terdengarnya suara di angkasa luar.
Source : bisnis.com
Tag : google, internet
Back To Top