Registrasi Master Dealer Chip Sakti

Gerakan Mata Sebagai Password Biometrik

Tidak ada gerakan bola mata manusia yang sama persis saat sedang menatap sesuatu. Inilah yang menginspirasi ilmuwan asal Texas State University-San Marco, Oleg Komogortsev, untuk mengembangkan sistem yang dapat mengidentifikasi manusia melalui gerakan mata saat menatap layar komputer. Dengan demikian maka kelak password bisa berupa gerakan mata.

“Ada cukup banyak perbedaan pada gerakan mata manusia satu sama lain, sehingga kita menyebutnya sebagai biometric,” jelas Komogortsev. Biometrik adalah sebuah sistem pengukuran yang berbasis bagian tubuh manusia, contohnya sidik jari, untuk mengidentifikasi seseorang. Ilmuwan komputer di seantero dunia tengah mempelajari biometrik untuk kepentingan pengusutan kejahatan. Salah satunya adalah untuk melakukan sign in pada perangkat elektronik.

Riset Komogortsev masih pada tahap awal dan membutuhkan beberapa tahun lagi sebelum terlihat hasilnya. Jika berhasil maka sistem ini dapat diaplikasikan ke sistem keamanan bandara, tempat kerja, serta komputer rumah. Sebelumnya pemindaian iris mata sudah tergolong dalam aplikasi biometrik, dan kini gerakan mata merupakan suatu hal yang baru. Pemindaian iris mata ternyata masih mempunyai kelemahan, yakni bisa diakali dengan kehadiran kontak lain dalam bentuk cetak.

Komogortsev berharap penambahan sensor gerakan mata dapat menyempurnakan aplikasi biometric berbasis mata yang ada sebelumnya. “Kekuatan metode kamu dapat dikolaborasikan dengan sistem pindai mata,” jelasnya. Ditargetkan dalam satu dua tahun ke depan aplikasi tersebut sudah bisa dioperasikan.
Sistem gerakan mata Komogortsev dihasilkan dengan cara menganalisa dia dua fitur pengelihatan, yakni pengukuran “fixation”, waktu yang dibutuhkan saat seseorang menatap satu titik di layar, dan “saccades”, yakni gerakan mata saat berada di dua titik. Dari dua gerakan tersebut, sistem akan mengkalkulasikan property keunikan dari setiap mata manusia.

Mari kita nantikan hasil riset ini. [Internet Sehat]
Sumber artikel: technewsdaily.com / Sumber gambar: powerstates.com
Tag : internet
Back To Top