Registrasi Master Dealer Chip Sakti

Cara Amankan Password dengan 5 Langkah Ampuh

pw
Sekitar 250.000 password Twitter dibobol peretas. Ini semacam peringatan mengenai penting proteksi password, suatu hal yang sering diremehkan banyak user. Bagaimana membuat password yang kuat, sulit diterka, dan tak mudah dibobol? Berikut
ada beberapa tips yang dapat menjadi acuan:

1. Kombinasi karakter
Jika membuat password berupa kata atau nama yang hanya terdiri dari karalter huruf saja atau angka saja, maka kemungkinan diterka cukup mudah. Password yang kuat terdiri dari kombinasi karakter angka dan huruf sekaligus, bahkan jika perlu melibatkan spasi, serta beberapa karakter lain. Misalnya password Indonesia sudah pasti mudah diterka. Tapi jika diubah menjadi i_nd0n_35_1a akan sulit diterka.

2. Karakter panjang
Makin panjang karakternya, makin kuatlah sebuah password. Sebab akan makin membutuhkan banyak waktu bagi peretas untuk membobolnya, dengan teknik yang paling canggih sekaligus. Password yang paling banyak dipakai terdiri dari 6-8 karakter. Cobalah pakai 14-15 karakter.

3. Mudah diingat
Buatlah password yang walaupun terdiri dari kombinasi angka dan huruf serta karakter panjang, tapi tetap mudah diingat. Jangan sampai Anda harus menuliskannya di kertas, sebab sangat rentan bahaya.

4. Gunakan Password Manager
Pakai program password manager seperti  Password Safe  yang bisa membantu Anda menemukan password yang kuat dan aman. Aplikasi ini bisa diunduh gratis, sebab Open Source. Anda juga dapat mengorganisir password Anda sesuai dengan akun, agar tidak kesulitan walau memiliki banyak password dan akun sekaligus.

5. Otentifikasi
Google dan Facebook memiliki sistem otentifikasi bagi user. Mereka bisa mengirimkan PIN temporer ke ponsel agar user dapat login di gadget yang tidak biasa dipakai untuk login. Dengan cara ini, user bisa terhindar dari pembobolan yang dilakukan oleh pihak lain melalui gadget lain.
Selamat mencoba!
[Internet Sehat]
Sumber artikel: PCWorld / Sumber gambar: PCWorld
Tag : tips
Back To Top